Kameraliputan.com — MAROS — Direktorat Pengembangan Destinasi II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) mendorong pelaku/penggerak Pariwisata dan Ekonomi Kreatif khususnya Tata Kelola destinasi Pariwisata di Kabupaten Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi yang dimiliki.

Agenda ini berlangsung di atrium Hotel Grand Mall, Kabupaten Maros. Kamis pagi (23/11/2023) Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemkab Maros diwakili Kepala Bidang Pariwisata beserta jajaran, Kepala Bidang Pariwisata Dispora Kabupaten Pangkep, Pengurus UNESCO Global Geopark Maros-Pangkep MPUGGp, Kelompok sadar wisata Maros-Pangkep, sejumlah Organisasi dan OKP Se-Kabupaten Maros-Pangkep.

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora Pemkab Maros)


Hal ini disampaikan disampaikan oleh sejumlah pemateri saat menghadiri workshop, menyampaikan bahwa Maros-Pangkep memiliki potensi daya tarik wisata yang sangat kaya, seperti halnya Geopark Maros-Pangkep yang baru-baru ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan cagar dunia.

Rahmatia, Kepala Bidang Pariwisata (Disparpora Pemkab Maros) mengatakan “Alhamdulillah, melalui giat workshop ini kita saling bertukar pendapat mengenai tata kelola destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, apalagi kegiatan ini tak hanya di hadiri oleh Pokdarwis yang berada di Kota saja, namun kita juga mengundang Pokdarwis yang berada di sejumlah pulau yang masuk dalam Kawasan Geosite Maros-Pangkep” terangnya.

Pengurus Geopark Maros-Pangkep

Melalui program ini, penyelenggara kegiatan menyebutkan “kita mendorong peningkatan pemasaran destinasi pariwisata dan produk-produk ekonomi kreatif ini melalui pemanfaatan platform digital. Serta dikolaborasikan dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia guna memperlainkan produk UMKM.

“Kita sudah menyusun sejumlah strategi pemasaran dan tadi sudah di presentasikan oleh sejumlah pemateri terkait luas wilayah sektor pariwisata, yang nantinya akan dikembangkan dengan kerja-kerja kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Pangkep dan Pemerintah Kabupaten Maros” beber Kabid Pariwisata.

“Sambil kami terus berkoordinasi dengan Pengurus Kawasan Geopark Maros-Pangkep, seperti halnya yang kita ketahui bahwa mereka punya mitra diantaranya Youth Forum Geopark, GenPI Maros dan sejumlah organisasi lainnya” pungkas Rahmatia, Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Maros.

 

Gtr/Edt