Maros – Mungkin akhir-akhir ini pengguna jalan tidak banyak yang tahu. Kalau beberapa personil yang berdiri di pinggir jalan dalam mengatur lalulintas adalah seorang siswa.

Memang benar. Seperti dibeberapa ruas jalan di Kabupaten Maros. Sejumlah siswa Latihan Kerja (Latja) Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulsel gelombang pertama tahun 2023, tengah diajari mengatur lalulintas oleh mentornya dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Maros.

Sekitar 80 orang siswa Latja SPN Polda Sulsel yang mengikuti latihan ini. Mulai dari tanggal 28 Mei 2023 sampai dengan 24 Juni 2023 nanti. Selain praktik mengatur lalulintas, mereka juga diajari soal Samapta, Binmas, Reskrim dan Intelkam.

Kasat Lantas Polres Maros Akp Supriyanto, mengatakan “Para Siswa Latja melaksanakan praktek pengaturan di Jalan didampingi mentor dari Sat Lantas Polres Maros untuk memberikan pemahaman kepada Siswa dalam pelaksanaan tugas khususnya pengaturan di Jalan” Jelas Akp Supriyanto.

Kabag SDM Polres Maros Kompol Sahabuddin, mengungkapkan “Ilmu Kepolisian yang diperoleh para Siswa Latja di Mapolres Maros, teori maupun praktek diharapkan dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas untuk melayani masyarakat” Ungkapnya.(*yusuf)