Kameraliputan.com — Maros — Ruas Ca’bella, Maros bakal masuk dalam pengerjaan Inpres Jalan Daerah (IJD) dari pemerintah pusat. Anggaran ruas jalan ini diprediksi sebanyak Rp30 miliar.

Ruas jalan Ca’bella ini sudah disurvei oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, setidaknya ada empat usulan dari Pemkab Maros. Namun, saat ini masih ruas jalan Ca’bella yang sudah di survei. Yang jelas kata dia, Maros akan dapat IJD di 2024 ini.

“Memang kita melihat bahwa inpres jalan daerah ini penting untuk kabupaten, sehingga intervensi dari pemerintah pusat untuk mengurangi beban pemerintah kabupaten, dengan membagun juga IJD ini sangat bermanfaat,” sebutnya saat ditemui Herald Sulsel, di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat, 15 Maret 2024.

Chaidir bilang, panjang jalan yang anggarannya Rp30 miliar itu diperkirakan sepanjang 10-20 Km. Pihaknya masih menunggu SK untuk tindak lanjutnya.

“Mudah-mudahan ada survei untuk ruas jalan lainnya. SK-nya belum keluar, tetapi sudah disurvei dan memenuhi standar dari dari Balai (jalan nasional) itu akan disetujui, dan yang pertama kita ada tadi arahannya, mudah-mudahan jalur Mamminasatapa ini tetap menjadi prioritas pembangunan kedepannya, dan Ca’bella dekat dengan outer ring road Mamminasatapa,” paparnya.

Menurut Chaidir, IJD ini sangat bermanfaat bagi daerah, sebab jalan-jalan yang sudah dikerjakan lewat IJD itu pengerjaannya sangat baik.

“Manfaatnya memang di beberapa lokasi IJD penghubung perekonomian, Bontomanai Tompobulu, itu memang penghubung ke lokasi Sentra Pertanian dan kehutanan,” pungkasnya.

Untuk informasi, Sulsel mendapat anggaran Rp845 miliar untuk IJD se-Sulsel. Tak semua Kabupaten Kota mendapat anggaran IJD itu.